Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa Mimpi Baik agar Jadi Kenyataan Sesuai Sunnah

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa mimpi baik. Setiap orang tentu menghendaki agar bisa mendapatkan mimpi yang baik, indah, dan menyenangkan. Tapi, hal tersebut tergantung dari bagaimana otak kita bekerja pada malam hari serta perlindungan dari Allah SWT.

doa mimpi baik

Sebab, mungkin banyak jin dan syaitan terkutuk yang mengganggu kita di waktu tidur. Itulah alasannya mengapa pada saat hendak tidur dan beristirahat, seluruh umat muslim dianjurkan membaca bacaan lafadz doa sebelum tidur.

Tapi tidak hanya itu, kita juga dianjurkan membaca dan melafadzkan doa mimpi baik. Doa tersebut bertujuan untuk memohon kepada Allah SWT agar kita bisa memperoleh mimpi yang indah serta menyenangkan.

Di kesempatan sebelumnya kita telah membagikan doa mimpi buruk, kemudian pada kesempatan ini kami akan menjelaskan tentang doa supaya bermimpi baik. Simak bacaan selengkapnya dalam bahasa Arab, latin, dan artinya sebagai berikut.

Bacaan Doa Ketika Mendapat Mimpi Baik Sesuai Sunnah

doa bermimpi baik

Silahkan langsung saja simak pembahasan di bawah ini mengenai bacaan lafadz doa ketika mendapat mimpi baik dan indah dalam Islam sesuai sunnah. Doa ditulis dalam bahasa Arab, teks latin, serta terjemahannya atau artinya.

1. Doa agar Mimpi Baik

Apabila ingin mendapatkan mimpi baik ketika tidur, kita harus memanjatkan doa kepada Allah SWT. Sebab hanya Dia yang mampu menolong kita ketika terlelap. Berikut bacaan lafadz doa yang bisa dipanjatkan.

اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ


Alhamdulillahi rabbil ‘aalamiin.

Artinya:
"Segala puji bagi Allah, Tuhan yang memelihara alam semesta."

2. Doa Supaya Bermimpi Indah

Sementara itu jika ingin terhindar dari mimpi buruk, dan bisa mendapatkan mimpi yang indah, maka kita bisa memanjatkan lafadz bacaan doa agar bisa bermimpi indah. Doanya bisa kita panjatkan seperti lafadz di bawah ini.

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ قَطْلَ الْحَاجَتِ


Alhamdulillahil ladzii qodzoo haajaati.

Artinya:
"Segala puji bagi Allah yang telah memberi hajatku."

Adab Ketika Muslim Bermimpi Baik

Jika kita menadpatkan mimpi yang menyenangkan, kita hendaknya menceritakannya kepada orang lain. Hal ini sesuai dengan hadits Syekh Muhammad bin Shalih al- Utsaimin bahwa mimpi yang baik berasal dari Allah Ta'ala.

Hanya saja, orang yag akan mendengarkan cerita itu hendaknya orang yang disenangi agar tidak ditipu. Dalam hadits-hadits berikut dijelaskan.

عن أَبي سعيد الخدريِّ أنَّه سمِع النَّبيَّ ﷺ يقول: إِذَا رَأى أَحدُكُم رُؤْيَا يُحبُّهَا فَإنَّما هِيَ مِنَ اللهِ تَعَالَى فَليَحْمَدِ اللهَ عَلَيهَا وَلْيُحُدِّثْ بِها وفي رواية: "فَلا يُحَدِّثْ بَها إِلاَّ مَنْ يُحِبُّ، وَإذا رَأَى غَيَر ذَلك مِمَّا يَكرَهُ فإنَّما هِيَ منَ الشَّيْطانِ فَليَسْتَعِذْ منْ شَرِّهَا وَلا يَذكْرها لأَحَدٍ فَإنَّهَا لا تضُّره   

Hadits dari Abu Said al-Khudri. Ia mendengar Nabi SAW bersabda: "Jika salah seorang di antara kalian memimpikan sesuatu yang ia senangi, sebenarnya mimpi tersebut berasal dari Allah. Maka hendaklah ia memuji Allah karenanya dan ceritakanlah. Adapun jika ia bermimpi sesuatu yang tidak disukai maka itu berasal dari setan. Dan hendaklah ia meminta perlindungan dari keburukannya, dan jangan menceritakannya kepada orang lain sehingga tidak membahayakannya."

عن أبي هريرةَ قَالَ: سَمِعتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ يقول: لَمْ يَبْقَ مِنَ النُبُوَّة إِلاَّ المبُشِّراتُ. قالوا: وَمَا المُبشِّراتُ؟ قَالَ: الُّرؤْيَا الصَّالِحةُ

Hadits lainnya yang bersumber dari Abu Hurairah RA: "'Tiada yang tersisa dari kenabian selain kabar-kabar gembira. Para sahabat bertanya, 'Apa itu kabar-kabar gembira?' Dia menjawab, 'Mimpi yang baik.'"

Kesimpulan

Sampai di sini terlebih dahulu pembahasan dari kami mengenai doa mimpi baik, doa agar mimpi baik, doa agar mimpi baik jadi kenyataan, doa bangun dari mimpi baik, doa saat mendapat mimpi baik, doa saat dapat mimpi baik, doa ketika mimpi baik, doa supaya mimpi baik, doa sesudah mimpi baik.

Baca: