Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa Mimpi Buruk dalam Islam Supaya Tidak Terjadi

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa mimpi buruk. Mimpi yang buruk, jelek, dan menyeramkan bisa terjadi karena gangguan jin serta syaitan pada saat manusia tidur. Untuk menghindarinya, kita bisa memohon perlindungan kepada Allah SWT.

doa mimpi buruk

Sebelumnya kami membagikan doa mimpi baik, nah di kesempatan ini kami akan menjelaskan kepada Anda mengenai bacaan lafadz doa mimpi buruk. Doa tersebut bisa dipanjatkan sesuai sunnah untuk menghindari kita dari keburukan ketika tertidur.

Doa ini juga bisa kita panjatkan pada saat terbangun di tengah malam karena bermimpi buruk atau menyeramkan. Dengan demikian, kita memohon kepada-Nya supaya diberi ketenangan dan tidur yang lebih nyaman lagi.

Anda bsia langsung menyimak ulasan lengkap tentang bacaan lafadz doa ketika mendapatkan mimpi buruk dalam agama Islam, untuk anak atau dewasa. Simak selengkapnya pada ulasan dan pembahasan lengkap di bawah ini.

Bacaan Doa Mendapat Mimpi Buruk Sesuai Sunnah

doa bermimpi buruk

Berikut kami sajikan teks, lafadz, bacaan doa ketika mendapat mimpi buruk, jelek, dan menyeramkan. Doa saat bermimpi buruk agar tidak terjadi nyata dalam bahasa Arab, latin, dan sesuai sunnah yang mustajab berdasarkan hadits shahih.

1. Doa Ketika Bermimpi Buruk

Supaya kita tidak mendapat mimpi buruk, kita dianjurkan untuk membacanya, doa ini bisa dipanjatkan ketika hendak tidur bersamaan dengan doa sebelum tidur. Berikut lafadz bacaannya secara lengkap.

أَللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَان وَسَيِّئاَتِ اْلأَحْلاَمِ


Allohumma inni a’zubika min ‘amalis syaithoni wa sayyi-atil ahlam.

Artinya:
"Ya Alloh aku berlindung kepadaMu dari perbuatan setan dan buruknya mimpi."

2. Doa Terbangun dari Mimpi Buruk

Sementara itu jika terbangun dari mimpi buruk, maka doa yang dipanjatkan pun berbeda. Doa ini dimaksudkan untuk memohon ketenangan hati, serta agar kita tidak bermimpi buruk lagi akibat gangguan jin dan syaitan. Berikut lafadz bacaannya secara lengkap.

هُوَ اللهُ ، اَللهُ رَبِّيْ لَا شَرِيْكَ لَهُ. أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّةِ مِنْ غَضَبِهِ وَمِنْ شَرِّ عِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَأَنْ يَحْضُرُوْنِ


Huwallahu, allahu rabbi, la syarika lahu. A‘udzu bikalimatillahit tammati min ghadhabihi wa min syarri ibadihi wamin hamazatis syayatini wa an yahdhuruni.

Artinya:
"Dialah Allah, Allah Tuhanku. Tiada sekutu bagi-Nya. aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kemarahan-Nya, keburukan hukuman-Nya, kejahatan hamba-hamba-Nya, dari godaan setan serta kehadiran mereka."

Adab Ketika Bermimpi Buruk dalam Islam

Dalam Islam, ada adab yang harus diketahui dan dilakukan ketika bermimpi buruk dan jelek. Apa saja? Berikut ini adab jika bermimpi buruk dalam Islam.

  • Rasul mengajarkan kepada kita untuk membaca ta’awudz sebanyak tiga kali jika mengalami mimpi buruk.
  • Jika mendapatkan mimpi buruk, maka hendaknya ia meludah sebanyak 3 kali ke aarah kiri.
  • Hal lain yang perlu dilakukan ketika mimpi buruk adalah mengubah posisi tidur.
  • Jika sampai terbangun akibat mimpi, maka sebaiknya segeralah sholat malam.
  • Jika kita bermimpi buruk, maka hendaknya jangan menceritakan mimpi tersebut kepada orang lain karena mimpi itu berasal dari setan.
  • Jika mendapat mimpi buruk, maka hendaknya tidak terlalu memikirkan dari mimpi yang telah dialami tadi.

Kesimpulan

Sampai di sini terlebih dahulu pembahasan dari kami mengenai doa mimpi buruk, doa setelah mimpi buruk agar tidak terjadi, doa terjaga dari mimpi buruk, doa agar tidak mimpi buruk, doa terbangun dari mimpi buruk, doa ketika mimpi buruk islam, doa untuk mimpi buruk, doa ketika mimpi buruk agar tidak terjadi.

Baca: