Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa Pagi Hari Pembuka Pintu Rezeki dalam Islam

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa pagi hari. Allah SWT memberi kita banyak kebaikan di pagi, siang, sore, petang, hingga malam hari. Tapi, kadang kita lupa mensyukuri dan hanya menganggap apa yang kita peroleh hanya hasil jerih payah kita saja.

doa pagi hari

Padahal, segala apa yang kita miliki di dunia ini merupakan berkat pemberian dari-Nya. Termasuk kelancaran menjalani hari serta dijauhkan dari berbagai masalah juga merupakan berkat dan kebaikan yang Dia berikan pada kita.

Maka dari itu kita tidak boleh lupa memanjatkan doa syukur, pada pagi hari hingga malam hari. Sebab dengan mengamalkannya bukan hanya kita akan diperbanyak berkah oleh-Nya, melainkan juga kita akan semakin meningkat iman dan taqwanya.

Nah pada kesempatan ini bagi yang belum tahu mengenai teks,lafadz, atau bacaannya, maka kami akan menuliskannya untuk Anda. Berikut teks, lafadz, bacaan doa pagi dan sehari-hari dalam agama Islam sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih.

Bacaan Doa Sehari-hari Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

Ini dia doa yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk dipanjatkan pada pagi hari guna mengawali aktivitas, bersyukur atas tidur yang nyenyak, dan mustajab sebagai dzikir atau wirid pagi. Doa ini ditulis dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahannya secara lengkap.

1. Doa Pagi Hari Islam

Doa ini dipanjatkan pada pagi hari untuk mengawali pagi hari sebelum menjalani aktivitas panjang. Berikut lafadz bacaan doanya secara lengkap.

اللَّهُمَّ بَارِكْ لأُمَّتِى فِى بُكُورِهَا


Artinya:
"Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya."

2. Doa Siang Hari Islam

Doa ini dipanjatkan pada saat sela-sela istirahat belajar sekolah atau kerja, untuk memohon kebaikan dari siang hingga berakhirnya aktivitas pada sore atau petang hari.

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً


Allahumma inni as aluka ‘ilman naafi’aa wa rizqan toyyibaa wa ‘amalan mutaqabbalaa.

Artinya:
"Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang manfaat, rizki yang baik dan amal yang diterima."

3. Doa Sore Hari Islam

Dalam doa ini kita berserah kepada Allah SWT atas segala sesuatu yang telah kita kerjakan, karena segala keputusan ada di tangan-Nya.

اَللَّهُمَّ بِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ


Allaahumma bika amsainaa, wa bika nahyaa, wa bika namuutu, wa ilaikan nusyuur.

Artinya:
"Ya Allah, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali."

4. Doa Petang Islam

Dalam doa ini kita menyatakan lagi bahwa sepenuhnya percaya kepada Allah sebagai Tuhan, Islam sebagai agama, dan Nabi Muhammad SAW sebagai nabi dan rasul.

رَضِيْتُ بِاللهِ رَبًّا، وِبِالإِسْلَامِ دِيْنًا، وَبِمُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَبِيًّا وَرَسُوْلًا


Radhiitu billaahi rabbaa, wa bil islaami diinaa, wa bi Muhammadin shallallaahu ‘alaihi wa sallama nabiyyan wa rasuulaah.

Artinya:
"Aku rela Allah sebagai tuhan, Islam sebagai agama, dan Nabi Muhammad SAW sebagai nabi dan rasul."

5. Doa Malam Islam

Terakhir doa malam hari ini kita panjatkan kepada Allah SWT untuk memuliakan dan memuji nama-Nya. Berikut lafadz bacaan doa yang sebaiknya kita panjatkan.

أَمْسَيْنَا وَأَمْسَى المُلْكُ للهِ، وَالحَمْدُ للهِ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ لَهُ المُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهَا وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِي هَذِهِ اللَيْلَةِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهَا، رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنَ الكَسْلِ وَسُوْءِ الكِبَرِ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي القَبْرِ


Amsainā wa amsal mulku lillāhi wal hamdu lillāhi, lā ilāha illallāhu wahdahū lā syarīka lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alā kulli syai‘in qadīr. Rabbi, as’aluka khaira mā fī hādzihil lailata wa khaira mā ba‘dahā, wa a‘ūdzu bika min syarri mā fī hādzihil lailata wa khaira mā ba‘dahā. Rabbi, a‘ūdzu bika minal kasli wa sū’il kibari. A‘ūdzu bika min ‘adzābin fin nāri wa ‘adzābin dil qabri.

Artinya:
"Kami dan kuasa Allah bersore hari. Segala puji bagi Allah. Tiada tuhan selain Allah yang maha esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kuasa dan puji. Dia kuasa atas segala sesuatu. Tuhanku, aku memohon kepada-Mu kebaikan malam ini dan malam sesudahnya. Aku memohon perlindungan-Mu kejahatan malam ini dan malam sesudahnya. Tuhanku, aku memohon perlindungan-Mu dari kemalasan dan kedaifan masa tua. Aku memohon perlindungan-Mu dari siksa neraka dan siksa kubur."

Kesimpulan

Sampai di sini terlebih dahulu pembahasan dari kami mengenai doa pagi hari, doa untuk memulai aktivitas di pagi hari, doa menjemput rezeki pagi hari, doa rasulullah di pagi hari, doa pembuka rezeki di pagi hari, doa rezeki pagi hari, doa kristen di pagi hari, doa untuk pagi hari, doa di pagi hari jumat, doa pembuka pintu rezeki di pagi hari.

Baca: