Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa Sebelum Membaca Al Quran Sesuai Sunnah dan Artinya

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa sebelum membaca Al-Quran. Banyak sekali keutamaan membaca Al-Quran, oleh karena itu sebagai umat Islam kita sangat dianjurkan untuk membacanya setiap saat. Terutama pada saat libur bekerja dan waktu luang.

doa sebelum membaca al quran

Namun tidak lupa ketika membaca Al-Quran, kita dianjurkan mengamalkan bacaan lafadz doa sebelum membaca Al-Quran dan doa setelahnya. Doa setelah membaca Al-Quran sudah kami bagikan pada kesempatan yang lalu sebelumnya.

Kemudian di kesempatan ini kami ingin berbagi kembali bacaan doa sebelum membaca Al-Quran atau doa hendak mengaji. Doa ini berbeda dengan lafadz ta'awudz yang biasa kita baca sebelum mengaji, melainkan sebuah doa yang lebih lengkap.

Dengan mengamalkannya insyaallah kita akan mendapatkan banyak berkah dan pahala kebaikan dari Allah SWT. Bagi yang penasaran bagaimana bacaan lafadz doanya, di kesempatan ini kami akan menjelaskannya kepada Anda silahkan disimak.

Bacaan Doa Sebelum Membaca Al-Quran dan Artinya

doa sebelum membaca al quran

Simak langsung pembahasan mengenai bacaan lafadz doa sebelum membaca Al-Quran dalam bahasa Arab, teks latin, dan terjemahan Indonesia. Doa sebelum membaca Quran ini bisa jadi wirid, dzikir, dan amalan sebelum mengaji.

1. Doa Sebelum Membaca Al-Quran Singkat

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ


Audzubillahi minasyaitan nirrajim.

Artinya:
"Aku berlindung kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk."

2. Doa Sebelum Membaca Al-Quran Sesuai Sunnah

اَللّٰهُمَّ افْتَحْ عَلَىَّ حِكْمَتَكَ وَانْشُرْ عَلَىَّ رَحْمَتَكَ وَذَكِّرْنِىْ مَانَسِيْتُ يَاذَاالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ


Allohummaftah ‘alayya hikmataka wansyur ‘alayya rohmataka wa dzakkirnii maanasiitu yaa dzal jalaali wal ikhroomi.

Artinya:
"Ya Allah bukakanlah hikmahMu padaku, bentangkanlah rahmatMu padaku dan ingatkanlah aku terhadap apa yang aku lupa, wahai dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan."

Keutamaan Membaca Al-Quran

Ada banyak sekali keutamaan setelah kita membaca Al-Quran. Selain mempelajarinya, berikut hal-hal yang bisa kita dapatkan sehabis mengaji.

  • Keutamaan mempelajari dan mengajarkan ayat Al-Quran
  • Keutamaan menghafal dan pandai membacanya
  • Diberikan pahala yang berlimpah ruah
  • Memberi syafa'at ketika di akhirat
  • Bisa mententramkan hati kita
  • Dikaruniakan hati yang bercahaya
  • Memperoleh kedudukan yang tinggi di surga
  • Pahala seperti bersedekah
  • Cahaya yang menjadi petunjuk
  • Menjadi keluarga Allah SWT
  • Membaca dengan terbata pun mendapat pahala
  • Diberikan balasan yang terbaik dari Allah SWT

Kesimpulan

Mungkin sampai di sini dulu pembahasan kita mengenai bacaan doa sebelum membaca al-quran, bacaan doa sebelum membaca al-quran, lagu doa sebelum membaca al-quran, arti doa sebelum membaca al quran, download doa sebelum membaca al quran, doa yang dibaca sebelum membaca al quran, doa pembuka sebelum membaca al quran.

Baca: