Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bacaan Doa Sebelum Tidur Sesuai Sunnah dan Artinya

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa sebelum tidur. Ketika kita hendak tidur, kita dianjurkan untuk membaca doa terlebih dahulu. Doa ini sering diajarkan kepada anak pada saat masih PAUD, TK, SD, serta ketika berada di lingkungan ngaji oleh guru ngaji/

doa sebelum tidur

Pada kesempatan yang lalu kami sudah membahas mengenai doa bangun tidur. Doa tersebut dipanjatkan pada pagi hari setelah kita beristirahat semalaman dan mengisi energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari yang panjang serta melelahkan.

Kedua doa tersebut sangat dianjurkan untuk dibaca, sebab pada saat tidur kita seakan 'hilang sadar', sehingga kita tidak bisa megontrol tubuh kita. Maka dari itu kita meminta kepada Allah SWT melalui doa ini untuk memohon perlindungan dari segala hal yang buruk.

Adapun perlindungan yang kita minta adalah perlindungan dari marabahaya, bisikan syaitan yang terkutuk, mimpi buruk, dan sebagainya. Anda bisa menyimak ulasan lengkapnya pada pembahasan lengkap di bawah berikut ini.

Bacaan Doa Sebelum Tidur dan Artinya

doa sebelum tidur

Ada berbagai macam doa sebelum tidur yang bisa dipanjatkan. Pada saat masih kecil mungkin kita diajari bacaan yang pendek, tapi sebenarnya ada juga bacaan doa yang lebih panjang namun memang jarang diamalkan oleh umat muslim atau muslimah.

1. Doa Sebelum Tidur Pendek

Di bawah ini merupakan bacaan doa tidur pendek untuk anak, ini merupakan salah satu bagian dari doa sehari-hari dalam Islam. Simak doanya dalam bahasa Arab, teks latin, dan terjemahan Indonesia atau artinya lengkap sesuai sunnah di bawah ini.

بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَ بِسْمِكَ اَمُوْتُ

Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut.

Artinya:
"Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati."

2. Doa Sebelum Tidur Panjang

Selain itu di bawah ini merupakan bacaan lafadz doa ketika hendak tidur. Dalam doa ini terkandung berbagai keutamaan, di antaranya adalah meminta kepada Allah SWT supaya tidur nyenyak, dijauhkan dari syaitan, mimpi buruk, dan penyakit.

اللهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Alloohu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim.”

Artinya:
"Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak atau boleh disembah), melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Yang tidak mengantuk dan tidak juga tertidur. Kepunyaan-Nya adalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya."

Kesimpulan
Sekian dulu pembahasan mengenai bacaan doa sebelum tidur, doa malam sebelum tidur, doa minta jodoh sebelum tidur, doa memikat pria sebelum tidur, doa penghapus dosa sebelum tidur, doa amalan sebelum tidur, doa nabi yusuf sebelum tidur, doa bacaan sebelum tidur, doa baca sebelum tidur.

Baca: