Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa Selamat Dunia Akhirat Pendek dan Terjemahannya

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa selamat dunia akhirat. Setiap orang pasti ingin dirinya selamat di dunia dan akhirat. Di dunia, kita dijauhkan dari marabahaya, kecelakaan, hingga terjerumus bisikan syaitan yang terkutuk, sementara di akhirat, kita memohon supaya bisa masuk surga.

doa selamat dunia akhirat

Pada kesempatan sebelumnya kami juga sudah membaca doa menghadapi kesulitan. Sebenarnya maksud dan tujuan dari doa tersebut tidak jauh berbeda dengan doa yang ingin kita tulis di bawah ini. Jadi, kita bisa mengamalkan keduanya kapan saja dan di mana saja.

Bila kita mengamalkan bacaan lafadz doa selamat dunia akhirat ini kita bisa mendapatkan berbagai macam kebaikan dan keutamaan. Khususnya jika kita mengamalkannya secara istiqomah, insyaallah berkat dan kebaikan selalu menyelimuti kita.

Bila ingin memanjatkannya, maka kita bisa mengamalkan teks, lafadz, bacaan doa selamat dunia akhirat di bawah ini. Anda bisa menyimak seluruh lafadz bacaan doanya di bawah berikut ini dalam bahasa Arab, latin, dan artinya.

Bacaan Doa Selamat Dunia Akhirat dan Artinya

Ada berbagai macam doa untuk memohon keselamatan di dunia dan akhirat, tidak ada ketetapan pasti sebab ini bukan merupakan doa wajib. Ada yang sepakat membaca doa pendek dan ada juga yang mengamalkan doa dengan bacaan lebih panjang. Anda bisa menyimaknya di bawah ini.

1. Doa Selamat Dunia Akhirat Pendek

Di bawah ini bacaan doa memohon keselamatan dunia dan akhirat yang pendek. Doa ini cocok dijadikan wirid atau dzikir setelah sholat dan mengaji. Simak bacaan lengkapnya dalam bahasa Arab, latin, dan artinya atau terjemahan Indonesia.

اَللّٰهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Allaahumma innaa nas aluka salaamatan fid diini wa ‘aafiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil ‘ilmi wa barokatan firrizqi wa taubatan qoblal mauti wa rohmatan ‘indal mauti wa maghfirotan ba’dal mauti.

Atinya:
"Ya Allah kami memohon kepada-Mu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rezeki, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati."

2. Doa Selamat Dunia Akhirat Panjang

Sementara itu bila ingin mengamalkan yang lebih panjang, Anda bisa membaca lafadz bacaan yang ada dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 286. Berikut bacaan doanya yang di dalamnya memuat permohonan kebaikan di dunia dan akhirat kepada Allah SWT.

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَّسِيْنَا أَوْ أَخْطَأْنَاۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَاۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَاۗ أَنْتَ مَوْلٰنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ

Robbanaa laa tuakzidnaa in nasiinaa wa akhto’naa robbanaa wa laa tahmil ‘alainaa isron kama hamaltahu ‘alal ladzIina min qoblinaa. Robbanaa wa laa tuahamilnaa maa laa thooqoto lanaa bihi wa’fua ’anna waghfir lanaa warhamnaa anta maulaanaa fanshurnaa ‘alal qoumil kaafiriin.

Artinya:
"Ya Allah, jangan siksa kami karena lupa atau bersalah. Ya Allah, jangan bebankan pada kami beban berat seperti Kau bebankan pada orang‐orang sebelum kami. Ya Allah, jangan Kau pikulkan pada kami apa yang tidak sanggup kami pikul. Ampunilah dan maafkan kami, serta rahmatilah kami. Kaulah Penolong kami, maka tolonglah kami untuk mengalahkan orang‐orang kafir." - (QS. Al‐Baqoroh: 286).

Kesimpulan
Sekian dulu pembahasan mengenai bacaan doa selamat dunia dan akhirat, tulisan arab doa selamat dunia akhirat, bagaimana bunyi doa selamat dunia akhirat, bunyi doa selamat dunia akhirat, tuliskan doa selamat dunia akhirat, doa agar selamat dunia akhirat, doa keluarga selamat dunia akhirat, doa minta selamat dunia akhirat, doa agar anak selamat dunia akhirat, doa biar selamat dunia akhirat.

Baca: