Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa Setelah Membaca Al Quran yang Shahih Sesuai Sunnah

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa setelah membaca Al-Quran. Mengaji aatua membaca Al-Quran adalah salah satu hal yang sanga dianjurkan bagi umat muslim. Dengan membacanya, kita akan mendapatkan banyak petunjuk soal kehidupan yang sebelumnya tak kita ketahui.

doa setelah membaca al quran

Dahulu ketika masih anak-anak, kita akan diajari Iqra 1-6 terlebih dahulu sebelum membaca Quran, sebagai dasar untuk mengetahui bagaimana cara membaca lafadz bacaannya. Nah sekarang, Al-Quran bisa dibaca oleh kita kapan saja dan di mana saja.

Tapi ingat bahwa ketika membaca Al-Quran, kita tidak boleh lupa memanjatkan doa doa khusus. Pertama adalah doa sebelum membaca Al-Quran dan yang kedua adalah doa setelah membaca Al-Quran yang akan kami bagikan di kesempatan ini.

Dengan membaca atau mengamalkan doa tersebut, insyaallah kita akan mendapatkan kebaikan dan berkah dari Allah Ta'ala. Mulai dari kebaikan di dunia maupun di akhirat. Simak langsung doa, dzikir, dan wirid selesai mengaji di bawah ini.

Bacaan Doa Setelah Membaca Al-Quran dan Artinya

doa setelah membaca al quran

Berikut bacaan lafadz doa setelah membaca Al-Quran atau mengaji dalam bahasa Arab, latin, dan artinya atau sesuai sunnah. Doa ketika selesai baca Quran lengkap, berdasarkan hadits shahih, dalam agama Islam kepada Allah SWT.

1. Doa Selesai Baca Al-Quran Pendek

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ


Subhanakallahumma wa bihamdika laa ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaika.

Artinya:
"Maha suci Engkau dan pujian kepada-Mu, Tidak ada sesembahan yang berhak di sembah kecuali Engkau, aku meminta ampun kepada-Mu dan bertaubat kepada-Mu."

2. Doa Selesai Baca Al-Quran Sesuai Sunnah

اَللّٰهُمَّ ارْحَمْنِىْ بِالْقُرْآنِ. وَاجْعَلْهُ لِىْ اِمَامًا وَنُوْرًا وَّهُدًى وَّرَحْمَةً. اَللّٰهُمَّ ذَكِّرْنِىْ مِنْهُ مَانَسِيْتُ وَعَلِّمْنِىْ مِنْهُ مَاجَهِلْتُ. وَارْزُقْنِىْ تِلاَ وَتَهُ آنَآءَ اللَّيْلِ وَاَطْرَافَ النَّهَارٍ. وَاجْعَلْهُ لِىْ حُجَّةً يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ


Allahummarhamnii bil qur’aani. waj’alhu lii imaaman wa nuuran wa hudan wa rohman. Allahumma dzakkirnii minhu maa nasiitu wa’allimnii minhu maa jahiltu. wazuqnii tilaa watahu aanaa-al laili wa athroofan nahaari. waj’alhu lii hujjatan yaa robbal ‘aalamiina.

Artinya:
"Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Qur’an yang agung, jadikanlah ia bagiku cahaya petunjuk rahmat. Ya Allah, ingatkanlah apa yang telah aku lupa dan ajarkan kepadaku apa yang tidak aku ketahui darinya, anugerahkanlah padaku kesempatan membacanya pada sebagian malam dan siang, jadikanlah ia hujjah yang kuat bagiku, wahai Tuhan seru sekalian alam."

Adab Membaca Al-Quran dalam Islam

Sebleum membaca Al-Quran, ada beberapa hal yang harus diperhatikan umat muslim atau muslimah. Hal-hal ini dinamakan dengan adab dan berikut adab membaca Al-Quran dalam agama Islam.

  • Allah SWT sangat menyukai kebersihan. Maka dari itu, sebelum membaca Al-Quran, hendaknya kita dalam keadaan suci dan sudah berwudhu terlebih dulu. 
  • Ketika berwudhu, otomatis kita akan berkumur untuk membersihkan rongga mulut. Namun, jika dirasa berwudhu kurang bersih, kita bisa bersiwak atau menyikat gigi sebelum membaca Al-Quran. 
  • Adab membaca Al-Quran selanjutnya adalah menggunakan pakaian yang bersih dan suci dari najis. Akan lebih baik apabila kita mengganti dulu pakaian yang sebelumnya sudah dipakai dengan pakaian yang bersih.
  • Selain tubuh, memilih tempat yang bersih untuk membaca Al-Quran juga menjadi salah satu adab yang patut diketahui umat Islam.
  • Mulailah membaca Al-Quran dengan niat Lillahi ta'ala atau niat karena Allah SWT. Sebab, semua kebaikan yang akan kita dapatkan dari membaca Al-Quran semata-mata datang dari Allah SWT.
  • Selanjutnya, kita dianjurkan untuk mengawali membaca Al-Quran dengan bacaan ta'awudz dan basmallah. Tujuannya, agar selama membaca Al-Quran, kita mendapat perlindungan dari Allah SWT.
  • Adab membaca Al-Quran selanjutnya adalah memelihara tajwid. Artinya, bacaan Al-Quran harus jelas panjang-pendeknya, bunyi huruf, mengetahui kapan harus berhenti, dan kapan harus dibaca menyambung sesuai dengan ilmu tajwid.
  • Membaca Al-Quran haruslah dengan tartil. Yakni membaca dengan perlahan, sehingga terdengar jelas tajwid dan makhraj-nya.
  • Saat membaca Al-Quran hendaknya dilakukan secara bersungguh-sungguh. Artinya, saat membaca Al-Quran kita harus fokus saat membacanya sambil merenungkan dan memerhatikan bacaannya.
  • Setelah selesai membaca Al-Quran, kita dianjurkan untuk mengakhirinya dengan membaca doa.

Kesimpulan

Mungkin sampai di sini dulu pembahasan kita mengenai bacaan doa setelah membaca al-quran, download doa setelah membaca al quran mp3, arti dari doa setelah membaca al quran, tuliskan doa setelah membaca al quran, video doa setelah membaca al quran, doa yang dibaca setelah membaca al quran, doa shahih setelah membaca al quran, doa sebelum dan setelah membaca al quran.

Baca: