Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa Turun Hujan Lebat dan Deras Sesuai Sunnah

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa turun hujan. Hujan bisa menjadi berkah bagi banyak orang terlebih jika turunnya setelah musim kemarau yang berkepanjangan. Tapi, hujan juga bisa menjadi musibah saat turun terlalu lebat dan dalam jangka waktu yang sangat lama.

doa turun hujan

Ketika turun hujan, tentu saja kita dianjurkan untuk membaca doa supaya hujan tersebut bisa menjadi berkah dan kebaikan bagi seluruh makhluk hidup di muka bumi. Bukan hujan yang mendatangkan bencana seperti longsor, banjir, dan sebagainya.

Doa ini bisa dipanjatkan kapan saja, termasuk menjadi bagian dari dzikir atau wirid doa setelah sholat istisqo. Dengan membacanya insyaallah apa yang diturunkan oleh Allah SWT dapat menjadi berkah serta kebaikan bagi seluruh manusia.

Nah di kesempatan ini kami ingin membagikan bacaan lafadz sesuai sunnah ketika turun hujan. Anda bisa menyimak seluruh ulasan lengkapnya pada pembahasan lengkap di bawah ini dalam bahasa Arab, latin, dan artinya atau terjemahan Indonesia.

Bacaan Doa Turun Hujan Sesuai Sunnah

doa ketika turun hujan

Simak langsung pembahasan lengkap di bawah ini mengenai bacaan doa ketika turun hujan dalam bahasa Arab, teks latin, serta terjemahan Indonesia lengkap. Doa saat hujan turun lebat dan petir pertama kali sebagai berkah dan kebaikan dari Allah SWT.

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ


Allahumma haawalaina wa laa ’alaina. Allahumma ’alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.

Artinya:
"Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan."

Keutamaan Berdoa Saat Hujan

Memanjatkan doa tersebut pada saat turun hujan bisa mendatangkan banyak keutamaan kepada kita. Apa saja? Berikut keutamaan, fadhilah, dan keistimewaan berdoa saat turun hujan.

  • Turun hujan merupakan saat yang dianjurkan untuk berdoa oleh Nabi Muhammad SAW.
  • Doa saat turunnya hujan menjadi doa yang tidak akan ditolak oleh Allah SWT.
  • Disunnahkan langsung oleh Nabi Muhammad SAW.
  • Mendekatkan diri kepada Allah Ta'ala.
  • Meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT.
  • Karena hujan adalah anugerah dari Yang Maha Kuasa.

Amalan Ketika Turun Hujan dalam Islam

Pada saat turun hujan, ada amalan atau kebaikan yang bisa dilakukan sebagai seorang muslim. Simak selengkapnya pada penjelasan di bawah ini.

  • Merasa takut akan datangnya azab dan kemurkaan Allah SWT.
  • Bersyukur kepada Allah Ta'ala.
  • Mengambil berkah hujan.
  • Berwudhu dengan menggunakan air hujan, serta memanjatkan doa wudhu.
  • Tidak boleh mencela dan menjelekkan hujan.

Kesimpulan

Sampai di sini terlebih dahulu pembahasan dari kami mengenai doa turun hujan, doa minta turun hujan, doa agar turun hujan, doa bila turun hujan, doa ketika turun hujan dan artinya, doa agar tidak turun hujan, doa waktu turun hujan, doa setelah turun hujan, doa ketika turun hujan arab.

Baca: