Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bacaan Doa Bepergian Jauh Arab Latin dan Artinya

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa bepergian jauh. Ketika Anda ingin melakukan perjalanan jauh, entah untuk bekerja, berlibur, belajar menuntut ilmu, dan sebagainya, sebaiknya Anda jangan lupa mempersiapkan segala sesuatu termasuk membaca doa saat hendak bepergian.

doa bepergian jauh

Dalam agama Islam tentu kita sudah diajari untuk selalu memanjatkan doa pada saat mau melakukan aktivitas apapun. Tak terkecuali doa pada saat akan melakukan perjalanan jauh baik itu di dalam negeri maupun ke luar negeri.

Doa bepergian jauh yang akan kami bagikan ini berbeda dengan doa naik kendaraan yang telah kami bagikan. Sebab dalam doa naik kendaraan, kita bisa memanjatkannya kapan saja asalkan mau menaiki kendaraan umum atau pribadi dalam jarak dekat dan jauh.

Nah doa ini khusus dilakukan atau dipanjatkan pada saat akan melaksanakan perjalanan dan bepergian dalam jangka waktu yang lama, termasuk untuk pergi haji, umroh, atau mudi ke kampung halaman saat lebaran. Simak ulasannya di bawah berikut ini.

Bacaan Doa Ketika Bepergian Jauh

doa bepergian

Simak langsung teks, bacaan, lafadz, dan doa ketika hendak bepergian jauh atau dekat. Bacaan doa saat mau pergi dari satu tempat ke tempat lain, untuk bekerja, merantau, mudik, berlibur, haji atau umroh, dan lain sebagainya.

1. Doa Saat Bepergian Jauh

وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا


Artinya:
"Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil."

2. Doa Minta Perlindungan di Perjalanan

اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِعَنَّابُعْدَهُ اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُفِى الْاَهْلِ


Allohumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waatwi ‘annaa bu’dahu. Allohumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli

Artinya :
"Ya Allah, mudahkanlah kami berpergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam berpergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga."

Adab Bepergian Jauh Menurut Islam

Pada saat hendak bepergian jauh, ada beberapa adab yang perlu dilakukan seorang muslim. Dikutip dalam buku Pendidikan Agama Islam Kelas X (2006) oleh Bachrul Ilmy, hal yang perlu diperhatikan ketika bepergian yaitu sebagai berikut.

  • Sebelum bepergian, harus memantapkan niat dan melakukan persiapan termasuk sholat safar dua rakaat.
  • Dalam perjalanan, terutama dengan jalan kaki biasanya menemui beberapa hal yang mengganggu pikiran dan mengubah niat, maka Rasulullah SAW menyebutkan perjalanan adalah sebagian dari siksaan.
  • Ketika sampai di tempat tujuan, jangan lupa untuk bersyukur dan membaca alhamdulillah.

Kesimpulan

Sekian pembahasan dari kami mengenai doa bepergian jauh, doa yang dibaca saat melakukan bepergian jauh, doa ketika akan bepergian jauh, doa ingin bepergian jauh, doa saat melakukan bepergian jauh, doa berangkat bepergian jauh, doa yang dibaca saat bepergian jauh.

Baca: