Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bacaan Doa Kuat Ingatan dan Tidak Mudah Lupa

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa kuat ingatan. Ketika belajar pelajaran umum di sekolah atau kampus, maupun saat mengaji tentu kita ingin agar lebih konsentrasi dan mudah menghafal bukan? Sebab dengan mudah menghafal kita akan lebih cakap dalam mengerjakan ujian ke depannya.

doa kuat ingatan

Selain itu ketika mengaji, jika berhasil menghafalnya insyaallah akan ada banyak kebaikan dan keutamaan yang akan kita peroleh. Terutama dalam rangka mendekatkan diri hanya kepada Allah SWT serta memperoleh pahala dari-Nya.

Agar mudah menghafal dan kuat ingatan, hal tersebut tentunya tak bisa kita peroleh dengan hanya bersantai-santai saja. Melainkan kita juga harus berusaha sembari berikhtiar melalui doa yang dipanjatkan khusus kepada Allah Ta'ala.

Bagi yang belum mengetahui bacaan lafadz doanya, di sini kami akan menjelaskan kepada Anda mengenai teks, lafadz, bacaan, doa agar kuat ingatan dan mudah menghapal. Simak pembahasan lengkapnya pada ulasan bacaan doa di bawah ini.

Bacaan Doa Agar Kuat Ingatan Mudah Hafal

doa mohon kuat ingatan

Berikut adalah kumpulan lafadz, dzikir, wirid, dan alaman bacaan doa supaya kuat ingatan, mudah menghafal, dan diberi konsentrasi yang baik. Simak seluruh bacaan doanya dalam bahasa Arab, teks latin, dan terjemahan Indonesia yang benar.

1. Doa Agar Kuat Ingatan

اَللّٰهُمَّ زِدْنَا وَلَا تَنْقُصْنَا وَأَكْرِمْنَا وَلَا تُهِنَّا وَأَعْطِنَا وَلَا تَحْرِمْنَا وَاَثِرْنَا وَلَا تُؤْثِرْ عَلَيْنَا وَارْضِنَا وَارْضَ عَنَّا


Allahumma zidnaa walaa tan-qushnaa wa akrimnaa walaa tuhinna wa a’thinaa walaa tahrimnaa wa atsirnaa walaa tu’tsir ‘lainaa waardhinaa wardho ‘annaa.

Artinya:
"Ya Allah, tambahkanlah buat kami jangan Engkau kurangkan, muliakanlah kami jangan dihina, berilah buat kami jangan ditahan, pilihlah kami jangan Engkau biarkan dan ridhoilah kami dan ridhoilah pula semua usaha kami."

2. Doa agar Mudah Menghafal

اَللّٰهُمَّ ارْزُقْنَا يَارَبِّ فَهْمَ النَّبِيِّيْنَ وَحِفْظَ الْمُرْ سَلِيْنَ وَإِلْهَامَ ألْمَلاَ ىِٕكَةَ ألْمُقَرَّبِيْنَ فِى عَافِيَةٍ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ


Allahummarzuqna ya robbi fahman-nabiyyina. wahifzholmursalin, wa ilhamal-malaaikatil-muqorrobin fi’afiatin ya arhamarrohimin.

Artinya:
“Ya Allah, karuniailah kami faham para nabi dan hafalan para rasul serta mendapat ilham para malaikat yang hampir dengan-Mu, juga kurniakanlah kami kesehatan wahai Maha Penyayang."

3. Doa agar Mudah Paham

اللهم أخرجنا من ظلمات الوهم، وأكرمنا بنور الفهم، وافتح علينا بمعرفة العلم، وحسن أخلاقنا بالحلم، وسهل لنا أبواب فضلك، وانشرعلينا من خزائن رحمتك، برحمتك يا أرحم الراحمين


Allaahumma akhrijnaa min zhulumaatil wahmi, wa akrimnaa bi nuuril fahmi, waftah ‘alainaa bi ma’rifatil ‘ilmi, wa hassin akhlaaqonaa bil hilmi, wa sahhil lanaa abwaaba fadhlika, wan syur ‘alainaa min khozaaini rohmatika, ya arhamar rohimiina.

Artinya:
"Ya Allah, keluarkanlah kami dari kegelapan keraguan/prasangka, mulyakanlah kami dengan cahaya kefahaman, bukakanlah kepada kami dengan ilmu pengetahuan, hiasilah/baguskanlah diri kami dengan akhlak yang baik, mudahkanlah untuk kami pintu-pintu anugrah-Mu, bentangkanlah kepada kami dari perbendaharaan rahmat-Mu, ya Tuhan Maha Pengasih sekalian yang berkasih sayang."

Adab Menuntut Ilmu dalam Agama Islam

Keinginan untuk lebih mudah menghafal dalam agama Islam merupakan bagian dari menuntut ilmu. Pasalnya, banyak dari mereka yang ingin lebih mudah menghafal pelajaran di sekolah, kampus, atau mengaji dan Al-Quran.

Berikut beberapa adab belajar dan menuntut ilmu yang perlu dipahami.

  • Meluruskan niat ikhlas belajar untuk menuntut ilmu agar lebih dekat dengan Allah SWT
  • Membaca doa sebelum mulai belajar agar Allah SWT memudahkan memahami semua yang dipelajari
  • Menyimak dengan khidmat penjelasan guru, tidak memotong kecuali dipersilahkan (jika belajar dalam kelas)
  • Membaca doa setelah belajar.

Kesimpulan

Sekian pembahasan dari kami mengenai doa kuat ingatan, doa agar ingatan kuat dan tajam, doa ingatan yang kuat, doa untuk kuat ingatan, doa supaya kuat ingatan, doa mohon kuat ingatan, doa untuk anak kuat ingatan, doa bagi kuat ingatan, doa agar kuat ingatan.

Baca: