Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa Melewati Kuburan Sesuai Sunnah dan Artinya

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa melewati kuburan. Kuburan atau pemakaman bukanlah tempat sepi, justru ketika hendak memasuki puasa Ramadhan atau setelah menunaikan sholat Isul Fitri, tempat pemakaman bisa menjadi lokasi yang ramai dikunjungi untuk berziarah.

doa melewati kuburan

Tapi perlu diingat bahwa itu bukanlah tempat wisata, melainkan tempat perenungan. Bahwa di masa depan, entah berapa lama lagi kita juga akan menempati kuburan sebagai tempat peristirahatan terakhir untuk selamanya.

Kadang, kita juga melewati kuburan untuk sampai ke suatu lokasi. Entah apapun tujuan kita, pada saat melewati kuburan maupun memasuki pemakaman, kita harus bersikap sopan terhadap para penghuni kubur dan ahli kubur.

Salah satunya ialah dengan membaca doa ketika melewati kuburan. Doa ini juga akan semakin sempurna apabila kita menyertakan dan melaksanakan adab-adab melewati kuburan dalam agama Islam. Simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Bacaan Doa Ketika Melewati Kuburan

doa melewati kuburan

Tanpa banyak bicara ini itu lagi, Anda bisa langsung menyimak lafadz bacaan doa saat melewati kuburan, pemakaman, TPU, atau tempat peristirahatan dalam bahasa Arab, teks latin, dan terjemahan Indonesia yang benar sesuai sunnah.

1. Doa Melewati Kuburan Sesama Muslim

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنِينَ أَنْتُمْ لَنَا فَرَطٌ وَإِنَّا بِكُمْ لَاحِقُونَ اَللّٰهُمَّ لَا تَحْرِمْنَا أَجْرَهُمْ وَلَا تَفْتِنَّا بَعْدَهُمْ


Assalaamu ‘alaikum daara qaumin muk’miniina antum lanaa farathun wainnaa bikum laa hiquunallaahumma laa tahrimnaa ijrohum walaa taftinnaa ba’dahum.

Artinya:
"Semoga kesejahteraan untuk kalian semua, kampung kaum mukminin. Kalian telah mendahului kami. Dan kami akan menyusul kalian insya Allah. Ya Allah, janganlah engkau haramkan kami dari pahala mereka dan jangan timpakan fitnah kepada kami setelah mereka."

2. Doa Melewati Kuburan Sesuai Sunnah

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنْ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اَللهُ بِكُمْ لَاحِقُونَ نَسْأَلُ اَللهُ لَنَا وَلَكُمْ الْعَافِيَةَ


Assalaamu ‘alaikum ahladdiyaari minal mu’miniina wal muslimiina wa-innaa insyaa Allaahu bikum laahiquuna nas’alullaaha lanaa walakumul ‘aafiyah.

Artinya :
"Semoga keselamatan terlimpahkan kepada kalian wahai penduduk alam barzah, dari kaum mukminin dan muslimin. Sesungguhnya kami akan menyusul kalian insya Allah. Dan kami meminta Allah untuk kami dan kalian agar diberi keselamatan."

Adab Saat Berada di Makam

Pada saat berada di pemakaman, terutama untuk ziarah ada adab-adab yang baik dilakukan. Berikut penjelasannya.

1. Berwudhu

Pertama kita sebaiknya berwudhu terlebih dahulu dari rumah ketika hendak memasuki makam.

2. Mengucapkan Salam

Kita juga dianjurkan untuk mengucapkan salam seakaligus doa ketika masuk ke kuburan. Seperti yang telah dijelaskan di atas.

3. Menghadap Kiblat

Ketika mendoakan orang yang sudah meninggal, Rasulullah SAW menganjurkan kita untuk menghadap ke arah kiblat, kemudian membaca doa untuk mayit dengan mengirimkan bacaan lafadz tasbih, tahmid, takbir, dan dzikir.

4. Tidak Menginjak Bagian Atas Kuburan

Adab mengunjungi makam berikutnya adalah tidak menduduki atau menginjak kuburannya. Hal ini dilakukan untuk menghormati para penghuni makam dan menunaikan sunnah Nabi Muhammad SAW.

5. Tidak Melakukan Hal Berlebihan

Terakhir, Anda juga tidak boleh melakukan hal berlebihan seperti menjadikan makam layaknya masjid dengan melakukan sholat atau mengaji terlalu lama di sana. Juga, hindari berkata tidak sopan di kuburan.

Kesimpulan

Sekian pembahasan dari kami mengenai doa melewati kuburan, doa melewati kuburan sesuai sunnah, doa melewati kuburan latin, doa melewati kuburan non muslim, doa saat melewati kuburan, doa ketika melewati kuburan.

Baca: