Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa Menjenguk Orang Sakit untuk Anak TK dan SD

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa menjenguk orang sakit. Ketika ada saudara muslim yang sakit, kita dianjurkan untuk menjenguknya serta mendoakannya supaya cepat sembuh. Contohnya melalui doa mohon kesembuhan yang pernah kita bagikan.

doa menjenguk orang sakit

Dengan memanjatkan doa tersebut insyaallah orang yang kita jenguk bisa diberkahi oleh Allah SWT. Melalui kesembuhan yang diberikan, kebaikan rezeki yang melimpah, serta dihindarkan dari bahaya yang mungkin datang di masa depan.

Memanjatkan doa ini sangat penting dan bisa diamalkan pada saat hendak masuk ke kamar pasien atau rumah orang tersebut. Selain itu bisa juga dipanjatkan pada saat mau berangkat menjenguk orang yang sedang sakit itu.

Nah di kesempatan ini kami ingin menjelaskan kepada Anda tentang bacaan lafadz doa ketika menjenguk orang yang sedang sakit untuk anak TK dan SD. Anda bisa menyimak seluruh ulasan lengkapnya dalam bahasa Arab, latin, dan artinya sebagai berikut.

Bacaan Doa Menjenguk Orang Sakit dan Artinya

doa menjenguk orang sakit

Tanpa banyak basa basi kembali, langsung saja silahkan simak pembahasan lengkap mengenai doa ketika menjenguk orang yang sakit agar segera sembuh. Doa ditulis dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia sesuai sunnah berikut ini.

1. Doa Menjenguk Orang Sakit Singkat

أَسْأَلُ اللهَ العَظِيْمَ رَبَ العَرْشِ العَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ


As'alullaahal azhīma rabbal 'arsyil 'azhiimi an yassfiyaka.

Artinya:
"Aku memohon kesembuhan kepada Allah yang paling Agung, Tuhan yang Megah akan menyembuhkanmu."

2. Doa Menjenguk Orang Sakit Sesuai Sunnah

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ مُذْهِبَ الْبَاسِ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِى لاَ شَافِىَ إِلاَّ أَنْتَ ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا


Allahumma rabban naas mudzhibal ba’si isyfi antasy-syaafii laa syafiya illaa anta syifaa’an laa yughaadiru saqoman.

Artinya:
"Ya Allah Tuhan dari seluruh umat manusia, hilangkanlah segala macam penyakit dan sembuhkanlah ia. Karena hanya Engkaulah yang mampu menyembuhkan, dan tidak ada kesembuhan yang tidak berasal dariMu. Yaitu kesembuhan yang tidak akan menimbulkan kambuh lagi."

Adab Menjenguk Orang Sakit dalam Islam

Ada bbeerapa adab yang harus kita lakukan ketika menjenguk orang sakit di rumah sakit atau rumahnya. Berikut ini adalah beberapa adab menjenguk orang sakit dalam Islam.

1. Mendoakannya

“Aku dan Tsabit pernah mengunjungi Anas bin Malik, lalu Tsabit berkata; “Wahai Abu Hamzah, aku sedang menderita suatu penyakit.” Maka Anas berkata; “Maukah kamu aku ruqyah dengan ruqyah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam?” dia menjawab; “Tentu.” Anas berkata; “ALLAHUMMA RABBAN NAASI MUDZHIBIL BA`SA ISYFII ANTA SYAAFI LAA SYAAFIYA ILLA ANTA SYIFAA`AN LAA YUGHAADIRU SAQAMA (Ya Allah Rabb manusia, dzat yang menghilangkan rasa sakit, sembuhkanlah sesungguhnya Engkau Maha Penyembuh, tidak ada yang dapat menyembuhkan melainkan Engkau, yaitu kesembuhan yang tidak menyisakan rasa sakit).”(HR Bukhari no 5301)

2. Menutup Aurat

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjengukku sementara aku sedang sakit. Kemudian beliau berkata: “Bergembiralah wahai Ummu Al ‘Ala`, karena sesungguhnya sakit seorang mukmin karena Allah menghilangkan dosa-dosanya sebagaimana api menghilangkan kotoran emas dan perak.”(HR Abu Daud no 2688)

3. Memberikan Semangat

Dari Ibnu Abbas radliallahu ‘anhuma bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam pernah menjenguk seorang Arab badui, Ibnu Abbas melanjutkan; “Setiap kali beliau menjenguk orang sakit, maka beliau akan mengatakan kepadanya: “Tidak apa-apa, Insya Allah baik-baik saja.” Ibnu Abbas berkata; lalu aku bertanya; “Baik?!, tidak mungkin, sebab penyakit yang di deritanya adalah demam yang sangat kritis, yang apabila diderita oleh orang tua akan menyebabkannya meninggal dunia.” Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Kalau begitu, memang benar.”(HR Bukhari no 5224)

4. Melarangnya Berharap Kematian

“Wahai paman! Janganlah engkau mengharap kematian. Sebab bila selama ini engkau berbuat baik, kemudian (umurmu) ditangguhkan, maka itu adalah kebaikan yang ditambahkan kepada kebaikanmu dulu, dan itu baik bagimu. Bila selama ini engkau berbuat tidak baik, kemudian (umurmu) ditangguhkan, lalu engkau diberi kesempa- tan untuk bertaubat dari kesalahanmu, maka itu pun baik pula bagimu. Maka janganlah engkau mengharap kematian.” (HR. Ahmad dan Hakim)

5. Menasehatinya

“Sesungguhnya kita milik Allah dan hanya kepada-Nya semata kita akan kembali. Ya Allah, berilah pahala dari musibah ini, dan gantikanlah bagiku dengan yang lebih baik darinya.” (HR. Muslim)

6. Membawa Buah Tangan

“Salinglah memberi hadiah, maka kalian akan saling mencintai.” (HR. Bukhari dalam Al-Adab Al-Mufrod, no. 594. Hadits ini dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam Al-Irwa’, no. 1601. Syaikh Musthofa Al-‘Adawi dalam catatan kaki Fiqh Al-Akhlaq menyatakan bahwa sanad haditsnya hasan dengan syawahidnya)

Kesimpulan

Mungkin sampai di sini dulu pembahasan kita mengenai bacaan doa menjenguk orang sakit, gambar doa menjenguk orang sakit, tuliskan doa menjenguk orang sakit beserta artinya, teks doa menjenguk orang sakit, doa ketika menjenguk orang sakit, doa saat menjenguk orang sakit, doa rasulullah ketika membesuk orang sakit, doa ketika menjenguk orang sakit dan artinya.

Baca: