Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa Naik Kendaraan yang Pendek untuk Anak TK

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa naik kendaraan. Di masa sekarang kita semakin mudah bepergian ke mana-mana dalam waktu singkat. Ada banyak kendaraan yang bisa kita gunakan untuk bepergian, mulai dari sepeda, motor, mobil, bus, kereta, pesawat, hingga kapal.

doa naik kendaraan

Tapi kadang yang dilupakan umat muslim adalah memohon keselmaatan kepada Allah SWT pada saat naik kendaraan pribadi atau angkutan umum. Sebab, kecelakaan bisa datang kapan saja bukan hanya karena kesalahan kita melainkan juga kelalaian orang lain.

Oleh sebab itu mengamalkan bacaan doa naik kendaraan merupakan hal yang sangat penting dilakukan. Sebab dengan demikian maka Allah SWT akan melindungi kita dari segala marabahaya yang datang, membuat kita fokus berkendara, dan menyelamatkan kita sampai tujuan.

Di bawah ini kami akan menjelaskan kepada Anda mengenai bacaan doa naik kendaraan yang benar dan sesuai sunnah. Anda bisa menyimak teks lafadz bacaannya secara lengkap dalam ulasan pembahasan di bawah berikut ini.

Bacaan Doa Naik Kendaraan dan Artinya

Langsung saja mari kita baca dan amalkan doa naik kendaraan yang pendek untuk anak TK atau SD ketika bepergian jauh, doa menaiki motor, sepeda, mobil, angkutan umum, kereta, bus, kapal, pesawat, dan sebagainya. Doa ditulis dalam bahasa Arab, latin, dan artinya atau terjemahan Indonesia.

1. Doa Naik Kendaraan Umum

سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ


Subhaanalladzii sakkhara lanaa hadza wama kunna lahu muqriniin wa-inna ilaa rabbina lamunqalibuun.

Artinya:
"Maha suci Allah yang telah menundukkan untuk kami (kendaraan) ini. padahal sebelumnya kami tidak mampu untuk menguasainya, dan hanya kepada-Mu lah kami akan kembali.”

2. Doa Naik Kapal Laut

بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآاِنَّ رَبِّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ


Bismillaahi majrahaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim.

Artinya:
"Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

3. Doa Naik Pesawat Udara

بِسْمِ اللَّهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا ۚ إِنَّ رَبِّي لَغَفُورٌ رَحِيمٌ

Bismillaahi majraahaa wa mursaahaa inna rabbii laghofuururraahiim.

Artinya:
"Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Adab Bepergian Naik Kendaraan

Ketika bepergian, tidak hanya membaca doa naik kendaraan saja yang perlu dilakukan. Melainkan ada adab-adab bepergian yang harus diikuti. Apa saja? Simak dalam ulasan berikut.

  • Disunnahkan tidak bepergian sendirian
  • Cari teman safar yang baik
  • Lebih baik tidak menjamak shalat
  • Dianjurkan mengqashar shalat
  • Lebih baik tidak shalat di atas kendaraan
  • Membaca doa ketika keluar rumah
  • Membaca doa ketika naik kendaraan
  • Pamit kepada kerabat dan tetangga
  • Perbanyak membaca doa selama di perjalanan
  • Jika urusan sudah selesai, segeralah pulang
  • Melaksanakan shalat sunnah dua rakaat setelah bepergian
  • Mengadakan acara makan-makan setelah bepergian

Kesimpulan

Mungkin sampai di sini dulu pembahasan kita mengenai bacaan doa naik kendaraan, doa keluar rumah dan doa naik kendaraan, doa sebelum naik kendaraan, doa bepergian naik kendaraan, doa ketika naik kendaraan, doa bepergian naik kendaraan darat, doa bepergian jauh naik kendaraan darat, doa pergi naik kendaraan, doa baca naik kendaraan.

Baca: