Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa Sebelum Bekerja dan Pulang Kerja Sesuai Sunnah

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa sebelum bekerja. Setiap orang perlu mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya masing-masing. Kecuali jika sudah berumah tangga, maka tanggung jawab nafkah ada di suami, bukan ada pada istri.

doa sebelum bekerja

Mencari nafkah haruslah dilakukan dengan cara yang halal agar uang serta rezeki yang telah kita peroleh bisa menjadi berkah bagi keluarga dan anak-anak kita. Selain itu agar kegiatan mencari nafkah lancar, kita juga dapat memanjatkan doa kepada-Nya.

Doa tersebut dapat dipanjatkan pada saat sbeelum bekerja dan pulang kerja. Doa sebelum berangkat kerja dimaksudkan untuk memohon kelancaran agar pekerjaan tidak ada kendala, sedangkan doa pulang kerja dimaksudkan supaya apa yang kita kerjakan menjadi berkah.

Nah bagaimana bacaan doanya? Bagi yang belum tahu di sini kami akan menjelaskan kepada Anda mengenai doa sebelum bekerja dan pulang kerja. Setelah sebelumnya kami membagikan doa minta rezeki, silahkan simak bacaan doa berangkat kerja di bawah ini.

Bacaan Doa Sebelum Bekerja dalam Islam

doa sebelum bekerja

Di bawah ini adalah lafadz bacaan doa sebelum berangkat kerja menurut agama Islam. Doa ini dapat dibaca ketika masih di rumah dan pergi pamitan kepada keluarga. Simak doa lengkapnya pada bahasa Arab, latin, dan artinya lengkap.

اَللهُمَّ اغْفِرْلِى ذَنْبِيْ، وَوَسِّعْ خُلُقِيْ، وَطَيِّبْ لِيْ كَسَبِيْ، وَقَنِّعْنِيْ بِمَا رَزَقْتَنِيْ، وَلاَتَذْهَبْ قَلْبِيْ إِلَى شَيْئٍ صَرَّفْتَهُ عَنِّيْ


Allaahummaghfir lii dzanbii, wa wassi’ khuluqii, wa thayyib lii kasabii, wa qanni’nii bimaa razaqtanii, wa laa tadz-hab qalbii ilaa syai-in sharraftahu ‘annii.

Artinya:
“Ya Allah, ampunillah dosaku, perluaslah (muliakanlah) akhlakku, berilah untukku pekerjaan yang baik, jadikanlah aku puas menerima apapun yang Engkau karuniakan kepadaku, dan janganlah Engkau buat hatiku mengingat apapun yang telah Engkau palingkan dariku.” (HR. Ibnu An-Najjar).

Bacaan Doa Pulang Kerja dalam Islam

doa sesudah bekerja

Pada saat pulang kerja, doa yang perlu dipanjatkan berbeda. Anda bisa menyimak ulasan lengkapnya pada bacaan bahasa Arab, teks latin, dan artinya di bawah ini mengenai doa pulang setelah bekerja sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih.

اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَعُوْذُ بِكَ اَنْ اَضِلّ اَوْ أُضَلَّ اَوْ اَزِلَّ اَوْ أَظْلَمَ اَوْ أَجْهَلَ اَوْ يُجْهَلَ عَلَيَّ.


Alloohuma innii a’uudzubika an’adhilla, au’udholla, au’azilla, au’adzlama, au ajhala, au yujhala ‘alayya.

Artinya:
"Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu agar tidak tersesat atau disesatkan atau aku tergelincir atau digelincirkan atau aku berbuat dzalim atau didzalimi atau aku berbuat bodoh atau dibodohi" - (HR. Nasa’i, Tirmidzi, Abu Dawud, Ibnu Majah).

Kesimpulan

Sekian pembahasan dari kami mengenai doa sebelum bekerja, doa bersama sebelum bekerja, doa agama buddha sebelum bekerja, doa pagi islam sebelum bekerja, doa pagi hari sebelum bekerja, doa pendek sebelum bekerja, doa harian sebelum bekerja, doa apel pagi sebelum bekerja.

Baca: