Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa Sesudah Adzan dan Iqomah Beserta Artinya

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa sesudah adzan. Setiap lima kali sehari, kita akan mendengar adzan yang dikumandangkan oleh muadzin, setelah itu kita juga akan mendengarkan iqomah pertanda bahwa sholat berjamaah di masjid atau mushola akan segera dilaksanakan.

doa sesudah adzan dan iqomah

Dalam berbagai hadist juga dijelaskan bahwa ada banyak keutamaan jika memanjatkan doa setelah adzan dan iqomah. Untuk itu tidak heran bila ada sunnah memanjatkan doa pada saat kita selesai mendengarkan kumandang adzan dan iqomah.

Tentu saja ada pula adab-adab yang perlu dilakukan seorang muslim pada saat sesudah mendengar suara adzan dan iqomah. Sehingga, bacaan lafadz doa yang akan kami tulis di bawah ini bisa menjadi semakin sempurna.

Untuk itu pada kesempatan ini kami ingin menuliskan teks bacaan lafadz doa sesudah adzan dan iqomah. Anda bisa menyimaknya secara lengkap dalam bahasa Arab, teks latin, dan terjemahan Indonesia sesuai sunnah dirangkum dari berbagai sumber berikut.

Bacaan Doa Sesudah Adzan dan Iqomah Sesuai Sunnah

Di bawah ini adalah teks, lafadz, bacaan doa setelah mendengar suara adzan dan iqomah yang benar, berdasarkan hadits shahih, dan sesuai sunnah. Simak doa lengkapnya dalam bahasa Arab, teks latin, dan terjemahan Indonesia yang benar.

1. Doa Setelah Adzan Arab dan Artinya

doa sesudah adzan

Pada saat selesai mendengar adzan pada panggilan sholat, maka silahkan baca bacaan lafadz dan doa di bawah ini sebanyak satu kali saja.

للهُمَّ رَبَّ هذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًامَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ


‘Allahumma robba hadzihid da’watit taammah wash sholatil qoo-imah, aati Muhammadanil wasilata wal fadhilah, wab’atshu maqoomam mahmuuda alladzi wa ‘adtah’.

Artinya:
"Ya Allah, Rabb pemilik dakwah yang sempurna ini (dakwah tauhid), shalat yang ditegakkan, berikanlah kepada Muhammad wasilah (kedudukan yang tinggi), dan fadilah (kedudukan lain yang mulia."

2. Doa Setelah Iqomah Arab dan Artinya

doa sesudah iqomah

Sementara jika selesai mendengar iqomah, tepat sebelum melaksanakan sholat berjamaah di masjid, dianjurkan untuk melafadzkan doa pendek dan singkat di bawah ini.

اَقَامَهَااللهُ وَاَدَامَهَا مَادَامَتِ السَّمَوَاتُ وَاْلاَرْضُ


Aqoomahallahu wa-ad aamahaa maadaa matis samaawaatu wal-ardl.

Artinya:
"Semoga Allah mendirikannya (shalat) dan mengekalkannya selama langit dan bumi masih ada."

Adab Muslim Ketika Mendengar Adzan

Sebagai umat muslim, kita dianjurkan untuk mengikuti sunnah yang telah dicontohkan Rasulullah SAW, termasuk ketika mendengar adzan. Lantas, apa saja adab yang perlu diperhatikan? Berikut penjelasannya.

  • Mengucapkan sesuai seperti apa yang diucapkan oleh muadzin. Sehingga mendapat pahala mendengarkan adzan
  • Bershalawat pada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam: Allahumma sholli ‘ala Muhammad
  • Minta kepada Allah SWT untuk Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam wasilah dan keutamaan sebagaimana yang disebutkan pada hadits Jabir bin ‘Abdillah: Allahumma robba hadzihid da’watit taammah wash sholatil qoo-imah, aati Muhammadanil wasilata wal fadhilah, wab’atshu maqoomam mahmuuda alladzi wa ‘adtah...
  • Membaca doa: Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu laa syarika lah wa anna muhammadan ‘abduhu wa rasuluh, radhitu billahi robbaa wa bi muhammadin rosulaa wa bil islami diinaa, sebagaimana disebutkan dalam hadits Sa’ad bin Abi Waqqash.
  • Melafadzkan doa sesuai yang diinginkan. Sebab terdapat doa mustajab antara adzan dan iqamah
  • Berdoa agar dosa dosa diampuni.
  • Tidak Berbicara atau berteriak.
  • Menghentikan aktivitas yang dilakukan.
  • Menyegerakan shalat agar terhindar dari waktu terlarang untuk shalat
  • Tidak keluar dari majid atau mushala setelah adzan.

Kesimpulan

Sekian pembahasan dari kami mengenai doa sesudah adzan, download doa sesudah adzan, video doa sesudah adzan, teks doa sesudah adzan, cara menghafal doa sesudah adzan, tuliskan doa sesudah adzan, doa sebelum dan sesudah adzan, doa komat sesudah adzan.

Baca: