Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa Perlindungan Melewati dan Memasuki Tempat Angker

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa tempat angker. Ada banyak tempat angker yang terdapat di seluruh dunia, seperti kuburan, rumah kosong, pohon raksasa, tempat tanpa cahaya, hutan belantara, atau tempat bersejarah peninggalan penjajah pada zaman dulu.

doa memasuki tempat angker

Ketika memasuki tempat angker, kadang bulu kuduk kita merinding ketakutan, hati kita juga deg-degan lebih cepat dibanding ketika berada di tempat biasa. Apalagi jika kita menuju ke tempat angker tersebut sendirian, pasti rasa takutnya meningkat.

Tapi kita perlu ingat bahwa dalam agama Islam tidak ada yang boleh ditakuti kecuali Allah SWT saja. Bahkan ketika kita melihat hantu, syaitan, jin, atau iblis, sebenarnya kita tidak perlu takut karena kedudukan manusia lebih tinggi dibanding mereka.

Namun ya rasa takut itu pasti muncul. Maka dari itu kita hanya bisa berusaha untuk menghilangkannya dari pikiran dan otak kita, salah satunya ialah melalui doa perlindungan ketika melewati serta memasuki tempat angker seperti yang akan kami tuliskan di bawah berikut ini.

Bacaan Doa Berada di Tempat Angker

doa berada di tempat angker

Langsung saja, berikut bacaan lafadz dan doa utama ketika berada di tempat angker. Simak bacaan doa sesuai sunnah dan berdasarkan hadits shahih ini dalam bahasa Arab, teks latin, dan terjemahan Indonesia yang sesuai sunnah lengkap di bawah ini.

يَااَرْضَ رَبِّيْ وَرَبُّكَ اللهُ اَعُوْذُبِااللهِ مِنْ شَرِّكَ وَمِنْ شَرِّمَافِيْكَ وَشَرِّمَا خُلِقَ فِيْكَ وَشَرِّمَايَدُبُّ عَلَيْكَ اَعُوْذُبِكَ مِنْ اَسَدٍ وَاَسْوَدَ مِنَ الْحَيَّةِوَالْعَقْرَبِ وَمِنْ سَاكِنِ الْبَلَدِ وَمِنْ وَالَدٍوَمَا وَلَدٍ


Ya ardha rabbii wa rabbukallaahu a’uudzhubillaahi min syarrika wa min syari maa fiika wa syarri maa khuliqa fiika syarri maa yadubbu ‘alaika a’uudzhu bika min asadiw wa aswada minal-hayyati wal-‘aqrabi wa min saakinil baladi wa miw waalidiw wa maa walad.

Artinya:
"Hai bumi Tuhanku, Tuhanmu adalah Allah, aku berlindung kepada Allah dari keburukanmu, dari keburukan yang terdapat padamu, dari keburukan segala sesuatu yang diciptakan padamu, dari keburukan makhluk yang merayap padamu, dan aku berlindung kepadamu dari kebuasan singa, ular hitam, kalajengking dan penduduknya yang jahat dari kalangan makhluk jin dan keturunannya."

Cara agar Tidak Takut Hantu dalam Islam

Ketika di tempat angker mungkin kita akan merasa takut dengan gangguan hantu atau jin. Padahal dalam Islam sudah dijelaskan bagaimana cara mengatasi rasa takut terhadap setan, berikut ulasannya.

1. Membaca Basmalah

Dalam sebuah hadis dijelaskan: “Ketika aku dibonceng Rasulullah, tiba-tiba unta beliau tergelincir. Serta merta aku mengatakan, “Celakalah setan.” Maka beliau bersabda, “Jangan kamu katakan, ‘celakalah setan,’ sebab jika kamu katakan seperti itu maka setan akan membesar sebesar rumah dan dengan sombongnya setan akan berkata; ‘itu terjadi karena kekuatanku’. Akan tetapi, ucapkanlah ‘Bismillah’ sebab jika engkau mengucapkan basmalah setan akan mengecil hingga seukuran lalat” (HR. Abu Dawud).

2. Menyebut Nama Allah

Dalam suatu hadis Rasulullah bersabda: “Tutuplah pintu-pintu, serta sebutlah nama Allah (saat menutupnya), lantaran setan akan tidak buka pintu yang telah terkunci dengan menyebutkan nama Allah. Tutup jugalah tempat air minum serta bejana-bejana kalian (untuk saat ini seperti lemari, bupet, kulkas serta yang lain) sembari menyebutkan nama Allah, walau kalian hanya menaruh suatu hal di dalamnya serta (saat akan tidur), matikanlah lampu-lampum kalian” (HR. Muslim).

3. Meruqyah dengan Ayat Al-Quran

Gabungkan dua telapak tangan, lalu dibacakan surat al-Ikhlas, al-Falaq dan an-Naas, lalu tiupkan ke kedua telapak tangan. Kemudian, usapkan kedua telapak tangan itu ke seluruh tubuh yang bisa dijangkau. Dimulai dari kepala, wajah, dan tubuh bagian depan.

Kesimpulan

Sekian pembahasan dari kami mengenai doa tempat angker, doa ketika memasuki tempat angker, doa untuk melewati tempat angker, doa ketika berada di tempat angker, doa ketika berada di tempat yang angker, doa ketika lewat di tempat angker, doa di tempat angker, doa lewat tempat angker, doa bila berada di tempat angker.

Baca: