Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa untuk Kedua Orangtua yang Sudah Meninggal

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa untuk kedua orangtua. Seorang anak harus tetap berbakti kepada orangtuanya, bahkan ketika ayah dan ibunya sudah meninggal dunia. Salah satu yang bisa dilakukan adalah memanjatkan doa untuk kedua orangtua.

doa untuk kedua orangtua

Doa ini bisa dipanjatkan terutama ketika melakukan ziarah kubur ke makam pada saat akan memasuki bulan Ramadhan dan setelah selesai sholat Idul Fitri. Doa ini berbeda dengan doa 40 hari orang meninggal yang beberapa waktu lalu kami bagikan.

Tentu saja dengan memanjatkan dan mengamalkan doa ini, akan ada banyak keutamaan dan kebaikan yag kita dan orangtua peroleh. Bagi kita, akan mendapatkan pahala sedangkan orangtua akan diampuni dosanya dan ditempatkan di surga-Nya.

Di sini kami akan membagikan lafadz bacaan doa untuk orangtua yang sudah meninggal. Anda bisa menyimak selengkapnya pada ulasan dan uraian di bawah ini, dalam bahasa Arab, latin, beserta artinya yang sesuai sunnah.

Bacaan Doa untuk Kedua Orangtua

Berikut beberapa lafadz bacaan doa untuk kedua orangtua, ayah dan ibu yang sudah meninggal agar diampuni dosanya oleh Allah SWT. Simak dalam bahasa Arab, teks latin, dan terjemahan Indonesia atau artinya di bawah ini.

1. Doa untuk Orangtua yang Sudah Meninggal

اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ


Allahummaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wa wassi’ madkholahu, waghsilhu bil maa i wats-tsalji walbarodi wa naqqihii minal khothoo ya kamaa yunaqqots- tsawbul abyadhu minad danas, wa abdilhu daaron khoiron min daarihii wa ahlan khoiron min ahlihii wa zawjan khoiron min zawjihi, wa adkhilhul jannata wa a ‘idzhu min ‘adzaabil qobri wa fitnatihi wa min ‘adzaabin naar.

Artinya :
"Wahai Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah dia. dam muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka."

2. Doa agar Dosa Orangtua Diampuni

وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا


Artinya:
"Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil."

Cara Berbakti kepada Orangtua yang Sudah Meninggal

Sebagai anak, kita tetap harus berbakti kepada orangtua. Meski mereka sudah tiada di bumi, namun ada beberapa cara agar kita tetap bisa berbakti kepada ayah dan ibu. Berikut beberapa di antaranya.

  • Mendoakan orangtua yang sudah meninggal dunia.
  • Melunasi utang atau janji orangtua yang masih ada.
  • Saling mengasihi dengan sesama anggota keluarga.
  • Meneladani dan melakukan sifat baik yang dicontohkan orangtua.
  • Menjaga hubungan baik dengan saudara orangtua.
  • Beramal atas nama orangtua.
  • Mewujudkan mimpi oragtua yang masih belum terlaksana.
  • Menghajikan orangtua.
  • Menjaga nama baik orangtua.
  • Melakukan ziarah kubur dan membaca doa ziarah kubur.

Kesimpulan

Sekian pembahasan dari kami mengenai doa untuk kedua orangtua, doa untuk kedua orang tua sesuai sunnah, arti doa untuk kedua orangtua, bacaan doa untuk kedua orang tua, tuliskan doa untuk kedua orang tua beserta artinya, tulis doa untuk kedua orang tua, tulislah doa untuk kedua orang tua.

Baca: