Bagi yang belum tahu, Facebook Ads merupakan sebuah fitur beriklan di Facebook yang ditujukan untuk para UMKM, pebisnis, perusahaan, atau lembaga yang ingin menyiarkan iklannya di fb agar bisa dijangkau oleh banyak pengguna Facebook.
Namun tentu saja karena fitur ini sangat lengkap maka konfigurasi yang perlu dilakukan juga cukup banyak. Sehingga mungkin di sini masih ada banyak orang yang belum mengetahui secara jelas cara mendapatkan dan menghasilkan uang lewat Facebook Ads.
Maka dari itu pada kesempatan yang baik ini kami ingin membahas tentang cara mendapatkan dan memperoleh uang melalui Facebook Ads. Anda bisa langsung menyimak ulasan lengkapnya pada pembahasan di bawah ini.
Berikut langsung saja silahkan simak ulasan lengkap tentang cara mendapatkan dan memperoleh uang melalui Facebook Ads secara benar, lengkap, nyata, dan bisa diterapkan oleh pemula yang baru belajar beriklan di Facebook.
1. Mengakses halaman Ads Manager – Creation
Langkah pertama untuk membawa dampak iklan di Facebook adalah membuka halaman Ads Manager – Creation. Untuk mengaksesnya silakan klik link tersebut ini
https://www.facebook.com/adsmanager/creation lalu dapat terlihat halaman.
Halaman di atas bernama Ads Manager – Creation bersama bersama mode Guided Creation. Namun kecuali pada layar monitor Anda terlihat mode Quick Creation (seperti pada gambar di bawah) Anda tidak harus bingung. Anda cuma harus menggantinya mode nya bersama bersama klik tombol Switch to Guided Creation di bagian kanan atas.
Setelah tampilan di layar monitor Anda masuk pada mode Guided Creation maka setelah itu kita dapat menetukan objective iklan.
2. Menentukan Objective Iklan
Objective iklan di Facebook saat ini tersedia 11 yang terbagi jadi 3 bagian utama yakni Awareness, Consideration dan Conversion. Setiap bagian ini mempunyai kegunaan dan target masing-masing.
Misalnya Anda mempunyai produk baru dan mendambakan memperkenalkan produk tersebuk ke masyarakan, maka objective yang tepat adalah Awereness. Kalau Anda mendambakan mendatangkan pengunjung yang banyak ke didalam situs Anda, maka Consideration merupakan objective yang tepat. Begitu terhitung kecuali Anda mendambakan menaikkan konversi penjualan, memengaruhi pengunjung situs jadi konsumen maka objective yang tepat adalah Conversion.
Jadi di sini Anda tidak harus bingung didalam objective. Sesuaikan saja bersama bersama apa yang mendambakan Anda raih bersama bersama Facebook Ads. Sebagai contoh pada tutorial langkah membawa dampak iklan di Facebook ini objectivenya adalah Awereness.
Maka berasal berasal dari itu pada bagian What’s your marketing objective? kita pilih Awereness > Brand Awereness.
Muncul beberapa opsi seperti tersebut ini :
- Campaign Name : Silakan isikan bersama bersama nama iklan Anda. Jika bingung biarkan default seperti itu.
- Create Split test : Gunakan fitur ini kecuali Anda mendambakan lakukan split testing.
- Budget Optimization : Anda dapat kenakan fitur ini untuk mengoptimalkan anggaran Anda pada tiap tiap Ad Set.
Setelah Anda mengambil alih ketetapan apa yang Anda pilih, setelah itu silakan klik tombol Set Up Ad Account. Berikutnya dapat terlihat tampilan seperti tersebut :
Halaman ini terlihat gara-gara kita belum membawa dampak Ad Account. Setelah kita klik tombol Continue maka ke depan kita tidak dapat lihat halaman ini lagi. jadi sehabis level campaign langsung menuju ke Ad Set. Pada bagian ini Anda cuma harus sesuaikan Account Country : Indonesia, Currency : Indonesia Rupiah dan Time Zone : Asia/ jakarta. Lalu klik tombol Continue.
3. Menentukan Audience, Penempatan, Anggaran dan Penjadwalan Iklan
Setelah Anda klik tombol Continue maka Anda dapat masuk ke halaman berikutnya.
Kalau Anda perhatikan di kolom paling kiri, saat ini Anda berada pada level Ad Set. Itu artinya di sini saatnya Anda pilih siapa audience Anda, di mana penempatan iklan yang Anda mendambakan dan berapa anggaran yang dapat Anda keluarkan.
Mari kita bahas satu per satu.
Audience
Pada bagian ini Anda diminta oleh Facebook untuk menghambat siapa yang Anda mendambakan untuk lihat iklan Anda. Pada bagian audience ini tersedia 7 parameter yang dapat Anda gunakan, diantaranya :
- Custom Audiences
- Locations
- Age
- Gender
- Language
- Detailed targeting (Demografi, Interest/ Minat), Behavior/ Perilaku)
- Connection (Daftar orang-orang yang dulu terjalin bersama bersama fanpage, aplikasi atau acara yang Anda agendakan)
Pada bagian audience ini kecuali kita jabarkan di sini dapat terlalu panjang. Maka berasal berasal dari itu kita tidak dapat menjabarkan mengenai detail berasal berasal dari 7 parameter dan apa yang harus Anda pilih. Tetapi yang kita mendambakan sampaikan di sini adalah bahwa untuk dapat isikan dan pilih 7 parameter tesebut Anda harus sadar betul siapa target market Anda. Facebook Ads adalah alat bantu untuk menjangkau orang-orang yang Anda targetkan.
Memang tersedia benarnya Facebook dapat menjangkau banyak orang, namun kecuali Anda tidak dapat pilih siapa saja orang-orang tersebut maka cost yang Anda keluarkan untuk beriklan dapat jadi sia-sia. Uang terlihat selalu namun tidak tersedia duwit yang masuk berasal berasal dari iklan yang Anda jalankan.
Maka berasal berasal dari itu harus sekali untuk sadar siapa target market Anda. Selama Anda belum sadar siapa yang jadi target market Anda kita mendambakan Anda tidak beriklan lebih-lebih dahulu. Namun kecuali Anda sudah sadar siapa target market Anda maka silakan Anda lanjutkan membaca tutorial ini.
Sebagai belajar kasus, kita menargetkan orang-orang yang menyukai kuliner yang berwujud mie, berdomisili di Pulau Jawa bersama bersama rentang usia 18 th. – 44 tahun. Sehingga pada bagian audience ini kita isikan 7 paramater tersebut sebagai tersebut :
- Custom Audiences : –
- Locations : Banten, Jakarta, West Java, Central Java, East Java, Special Region of Yogyakarta (statusnya State)
- Age : 18-44
- Gender : All
- Language : –
- Detailed targeting (Demografi, Interest/ Minat), Behavior/ Perilaku) : Bakmi, Bakso, Indomie, Mi Rebus, Mie ayam, Mie goreng.
- Connection : –
Dari pilihan audience seperti di atas yang harus Anda perhatikan adalah pada gambar speedometer di kolom paling kanan. Di sana Anda dapat mendapatkan Potensial Reach nya sebesar 4,1 juta orang. Artinya iklan yang dapat kita lakukan ini nanti mempunyai potensi dapat menjangkau sebanyak 4,1 juta orang dan itu semuanya mempunyai minat pada mie.
Placements
Setelah Anda selesai pilih siapa target Anda di bagian audience, setelah itu adalah pilih di mana Anda dapat menampilkan iklan Anda. Pada bagian ini Facebook tawarkan kepada Anda 2 buah opsi yang diantaranya :
- Automatic Placements (Recomended)
- Edit Placements
Kalau Anda pilih yang automatic maka penempatan iklan dapat diacak oleh Facebook dan dapat memberi tambahan di mana tempat paling baik untuk Anda. Sedangkan kecuali pilih Edit Placement Anda dapat pilih sendiri di mana Anda mau iklan tersebut tayang.
Untuk Edit Placements ini tersedia beberapa tempat yang dapat Anda pilih.
Lalu sebaiknya pilih yang mana? Kalau Anda bingung mau pilih yang mana, maka petunjuk kita adalah pilihlah yang automatic saja. Anda lakukan iklan beberapa saat dan sehabis itu lihat hasilnya. Hasil ini dapat jadi rujukan untuk menetukan penempatan iklan berikutnya.
Namun kecuali Anda mendambakan menargetkan orang-orang yang aktif di channel tertentu contoh Instagram saja, maka opsi Edit Placements harus Anda pilih.
Budget & Schedule
Setelah Anda pilih siapa audience dan di mana Anda dapat menayangkan iklannya, maka seterusnya adalah pilih anggaran dan saat tayang iklannya. Kita bahas pada bagian Budget lebih-lebih dahulu. Untuk budget ini Facebook tawarkan 2 opsi, yakni :
- Daily Budget : Budget harian
- Lifetime Budget : Budget untuk selamanya
Artinya begini, kecuali Anda pilih budget harian maka Anda dapat menghambat cost iklan Anda per hari itu berapa Rupiah. Namun kecuali Anda pilih life time budget, maka ini seperti Anda mempunyai duwit 1 juta dan ini harus habis didalam saat 2 minggu. Sehingga untuk cost iklan per hari nya dapat berbeda-beda besarnya.
Untuk pemula Anda dapat terasa dulu berasal berasal dari pilih Daily Budget bersama bersama anggaran per harinya Rp 10.000 saja.
Kemudian pada bagian Schedule, Facebook tawarkan 2 opsi terhitung yakni:
- Mulai saat ini dan Anda dapat stop kapan saja
- Anda pilih kapan iklan terasa ditayangkan dan kapan berakhirnya.
Untuk pilihannya terhitung terkait bersama bersama kebutuhan Anda. Tetapi untuk tutorial langkah membawa dampak iklan di Facebook ini kita pilih yang Run my ad set continuously starting today.
Kemudian sehabis Anda selesai di bagian #audience, #placements dan #budget & schedule silakan Anda klik tombol Continue di bagian paling bawah.
4. Membuat iklan Facebook
Setelah Anda klik tombol Continue di atas maka Anda dapat masuk ke step yang baru lagi, yakni step membawa dampak iklan Facebook. Saat ini Anda berada pada level Ad.
Pada level Ad ini terhitung tersedia beberapa bagian yang harus Anda perhatikan, diantaranya Identify, Format, Media dan Text. Dan mari kita bahas satu per satu.
Identify
Pada bagian identify ini Facebook tawarkan kepada Anda mau kenakan Facebook Page atau Instagram. Karena kita baru menyiapkan akun Facebook Page saja maka kita pilih saja yang Facebook Page.
Format
Setelah Anda selesai di identify setelah itu masuk ke bagian format. Untuk format ini tersedia beberapa pilihan yang dapat Anda pilih seperti :
- Carousel
- Single image
- Video
- Slide show
Anda boleh pilih format yang mana saja. Jika harus silakan Anda kenakan seluruh format pada ad set yang lain lalu test mana yang memberi tambahan hasil terbaik. Tapi untuk tutorial langkah membawa dampak iklan di Facebook ini kita pilih format Single Image.
Text
Sekarang kita masuk ke bagian text. Di sini Anda dapat menginputkan teks apa saja yang dapat Anda tampilkan pada iklan Anda. Kemudian Anda terhitung memasukkan link menuju situs Anda, headline dan call to action.
Setelah semuanya selesai setelah itu Anda klik tombol Confirm.
5. Melakukan Pembayaran
Setelah seluruh tahapan Anda lalui bersama bersama klik tombol Confirm di atas, maka setelah itu tunggu beberapa saat. Lalu terlihat pop up untuk metode pembayaran. Ada 3 langkah yang dapat Anda lakukan untuk lakukan pembayaran, yakni :
- Menggunakan kartu kretdit atau kartu debit Mandiri yang Verified by Visa atau Jenius berasal berasal dari BTPN
- Menggunakan langkah transfer bank
- menggunakan kode kupon
Untuk lebih fleksibelnya kita menganjurkan Anda kenakan metode yang pertama. Tetapi kecuali saat ini belum tersedia Anda boleh kenakan langkah yang ke dua sambil berusaha metode yang pertama. Pada tutorial ini kita kenakan metode ATM dan transfer bank.
Apapun opsi yang Anda pilih, kecuali sudah silakan klik tombol Continue. Kemudian pada pop up ini klik tombol Continue lagi. Lalu langsung lakukan transfer dan sehabis dana masuk maka iklan Facebook Anda dapat terjadi secara otomatis.